Wednesday, October 24, 2012

Orasi KNPB Digagalkan Polisi, 1 Orang dan Beberapa Sajam Diamankan

Fakfakinfo.com_ Kepolisian Resort Fakfak, Papua Barat, menggagalkan orasi terbuka yang akan dilaksanakan di area parkir Pasar Thumburuni oleh KNPB, salah satu organisasi pro kemerdekaan Papua.
Kepada puluhan anggota KNPB yang berbaju loreng dan simpataisannya, polisi meminta mereka untuk membubarkan diri dan membongkar kelengkapan orasi seperti panggung dan speaker. Polisi memberi waktu 10 menit untuk pembongkaran panggung orasi. Polisi mengancam akan membongkar paksa perlengkapan orasi, jika KNPB tidak segera membongkar sendiri.
“Silakan dibongkar sendiri. Saya beri waktu 10 menit!” seru Kabag Ops Polres Fakfak, Kompol Thony.
Akhirnya, tanpa perlawanan, beberapa anggota KNPB membongkar sendiri perlengkapan orasinya. Dari pembongkaran panggung ini, polisi mengamankan 1 bendera merah KNPB.
Polisi juga melakukan penggeledahan barang-barang bawaan anggota KNPB. Dari penggeledahan ini, polisi menemukan beberapa stel pakaian doreng eks Singapura yang biasa dipergunakan sebagai seragam anggota militan KNPB. Selain itu, polisi juga mengamankan 5 senjata tajam yang terdiri atas bayonet dan sebilah pisau.
Arnoldus Kocu, Ketua KNPB Wilayah Fakfak, akhirnya diamankan polisi dan dibawa ke Mapolres Fakfak untuk dimintai keterangannya perihal kegiatannya yang ilegal tersebut. Dengan dikawal beberapa anggota Intel, Arnoldus dibawa dengan taxi.
Kapolres Fakfak, AKBP Rudolf Michael menjelaskan bahwa, polisi bertindak preventif untuk menghindari hal-hal lanjutan yang tidak dinginkan.
“Kami bertindak preventif, agar tidak ada tindakan lanjutan yang tidak kita inginkan. Salah satunya, polisi mengamankan sajam yang dibawa.” Terang kapolres.
Kepada orang yang kedapatan membawa senjata tajam, polisi tidak menahan mereka, namun hanya merampas senjata tajamnya saja.
Tak beberapa lama kemudian, 1 regu anggota Kodim 1706 Fakfak turut bergabung bersama polisi. Dengan bersenjata lengkap, polisi dan TNI melakukan patroli di daerah Kampung Lusiferi yang diinformasikan ada beberapa orang anggota KNPB berkumpul.
Belum diketahui hasil patroli tersebut. Namun anggota KNPB akhirnya membubarkan diri dari daerah Pasar Thumburuni. (wah)

Sumber :  Fakfakinfo
READ MORE - Orasi KNPB Digagalkan Polisi, 1 Orang dan Beberapa Sajam Diamankan